DOA SAFAAT

Khotbah New

BAHAN  PENELAAHAN ALKITAB

(Disampaikan pada Musyawarah Pelayanan Majelis Klasis Semau)

Sialain, 6 November 2014

BACAAN : EFESUS, 1:15-23

TEMA     : DOA SAFAAT

Oleh : Pnt. Adam Horison Bao

Pada bagian ini, merupakan doa safaat dari rasul Paulus secara tertulis kepada orang-orang percaya di Efesus. Ada beberapa hal yang ditekankan pada doa safaat ini antara lain;

  1. Ucapan syukur menyangkut Iman yang luar biasa dari jemaat-jemaat Efesus yang tetap dan tidak berpaling dari Yesus Kristus. Sejak awal diperkenalkan injil Yesus Kristus, meskipun ada begitu banyak pengaruh dan tekanan dari lingkungan sekitarnya. Kemudian menyangkut kasih. Kasih diantara sesama yang didasari kasih Kristus yang tekah merobohkan segala perbedaan sekaligus meruntuhkan tembok-tembok pemisah diantara orang Yahudi dan orang Yunani, orang asli dan pendatang, orang kaya dan miskin, yang berpendidikan dan tidak untuk menjadi satu keluarga Allah.
  2. Rasul Paulus meminta kepada Allah Bapa dan Yesus Kristus untuk mengaruniakan Roh Hikmat dan wahyu kepada jemaat, supaya sungguh mengenal Tuhan dengan benar dan tidak mudah berbelok dan meninggalkan Kristus.
  3. Rasul Paulus juga memohon, supaya Tuhan menjadikan mata hati mereka terang dan mengerti tentang pengharapan didalam Kristus. Sebab apa? Menurut Rasul Paulus bahwa ;
  • Betapa kaya kemuliaan Kristus Bagi orang-orang kudus
  • Betapa hebat kuasaNya bagi orang-orang percaya
  • Betapa tinggi dari segala pemerintah,penguasa,kerajaan dan nama-nama terkenal, bukan saja didunia ini tapi juga didunia yang akan datang. Dengan demikian diharapkan pengharapan jemaat-jemaat di Efesus akan Yesus Kristus tidak menjadi kendor atau loyo dan lemah.
  1. Allah yang menghadirkan persekutuan orang-orang percaya merupakan Tubuh Kristus dan Kristus yang menjadi kepalanya. Dialah yang memerintah dan berkuasa atas TubuhNya, sehingga Tubuh tunduk dan takluk kepada Kristus.

Demikian doa safaat Rasul Paulus kepada jemaat-jemaat di Efesus. Rasul Paulus telah memberi contoh yang baik bagi kita sebagai hamba-hamba dan pelayan Tuhan yang melayani dan mendoakan jemaat.

Pertanyaan-pertanyaan diskusi :

  1. Apa itu safaat ?
  2. Mengapa kita perlu bersafaat ?
  3. Bagaimana sesungguhnya safaat itu ?

Selamat berdiskusi. Roh Kudus menolong kita memahami FirmanNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *